.

AFS - American Fertukaran Selajar :: Cerita Lucu Blogger

AFS - American Fertukaran Selajar :: Cerita Lucu Blogger
Waktu kelas satu SMA, ketika Meilando ngajak ikut test AFS (American Fertukaran Selajar), aku nolak.. takut.. Lha koq ikut test, lha wong ndaftar ambil formulir aja takut jee aku.. Jangankan pergi ke amerikanya.. Boso enggrisnya itu lho.. Walopun di raport nilai enggrisku selalu 8-9.. Tapi nak ngomong enggris.. Wis.. “Receive not I am” (trimo ora.. Aku..) itulah ciri cah jowo ndeso, wedi… Alias takut.. Mungkin itu terjadi pada ‘cah jowo’ karena kultur jawa yang terlalu menjunjung tinggi ‘fatwa bapak’.. Kalo bapak dah bilang “nggak”, maka NGGAK adalah mutlak..

Coba inget2 jaman kecil kita dulu.. Dikit2 ngga boleh gini, dikit2 ngga boleh gitu.. Ini ngga boleh, itu ngga boleh.. “Banyak Larangan, Minim Penjelasan”

Setelah saya inget2 kejadian waktu kecil dulu..’Pelarangan ini-itu’ oleh orang tua jawa ada 2 sebab yg paling utama:
1. Over protective
2. Menutupi ketidak mampuan mereka

Maksudku begini..
Sepertinya orang tua kita masih menganut faham ‘pencegahan akan lebih murah’ dan ‘pencegahan berarti melindungi’ sehingga mereka akan selalu mencegah anaknya pegang gelas, takut pecah.. Mencegah anaknya naik pohon, takut jatuh.. Mencegah anaknya hujan-hujanan, takut sakit.. Tapi ada juga ‘Pencegahan untuk menutupi ketidak mampuan mereka’, misalnya.. Mencegah anak pergi jauh2, sbab ngga punya anggaran untuk uang sakunya.. Alhasil, sang anak takut ngapa-ngapain..

Beda dengan perlakuan non jawa atau wong bule sisan, mereka terbiasa membiarkan anaknya untuk ikut proses ‘pencarian jawaban’ dari pada memberlakukan faham pencegahan.. Jadi, kala itu, kalo ada bocah koq PD atau ndhugal..bisa pastikan dia bukan ‘cah jowo’.. Kalo ngga anak bule yaa anak non jawa, contohnya meilando kan cah kalimantan.. Lha nak sampai ada ‘cah jowo’ koq kendel… Bisa dipastikan kwi mesti cah kauman.. Tur anggota Joxin.. Hehe

Nah, akhirnya, waktu itu aku tumbuh dalam dunia pelarangan-pelarangan itu.. Dan umumnya, anak2 SMA jowo ‘cetakannya’ seperti aku.. Takut..Ngga berani mencoba.. Apalagi ikut test AFS, in english jee.. Afraid lah.. Bahkan dulu, pertama kali aku berani pergi tanpa orang tuaku itu yaa ke jakarta diajak si Arief waktu libur naik kelas 2 SMA th 1985.. Yang pada akhirnya menuai “Keblasuk di Ragunan”, kapan2 aku tulis juga deh ceritanya..

Kalo’ masalah bahasa enggris, karena ngga berani mencoba menggunakannya.. Akhirnya banyak yg lupa.. Trus malah fatalnya, banyak ngga ngertinya dari pada ngertinya.. Alhasil, sampai sekarang pun kalo ngliat film yang ngga ada text bahasa Indonesianya.. Muales aku..hehe..

Dan oleh karena pengalaman buruk itu, aku ngga pengin ines dan anis anakku tumbuh seperti bapaknya.. Aku pengin mereka menjadi ‘cah jowo’ yang handal.. Makanya sejak kecil aku sudah berusaha menyekolahkan mereka di sekolah yang makai kurikulum internasional.. Yang Make boso enggris untuk pengantarnya.. Dan semaksimal mungkin faham ‘pelarangan-pelarangan’ aku tiadakan..

Bahkan, kalo anakku mau dan berani mencoba sesuatu, aku dan itya pasti mendukungnya.. Alhasil, anaku ines mahir boso enggris dan jepang.. Trus waktu ines kelas 2 smp malah ikut program pertukaran pelajar ke jepang..sedangkan anakku anisya, ikut kumon bahas enggris juga dapat rangking atas.. Hehe.. If I am..(Nak aku), until now, stil can not lah..

Sing lucu, saat ines masih kelas 2 SD di Al azhar kemang.. Waktu itu bahasa jawane anakku masih parah, bahkan boleh dibilang ngga iso ngomong jowo.. Tapi di sekolahnya udah diajarin bahasa enggris..
Nah, Kebetulan sore itu aku sedang asik-asiknya ngliat cinema laga di TV.. Lha wong lagi sibuk-sibuknya mbaca text terjemahannya jee, malah ines mengganggu konsentrasi ku yang lagi ribet karena ngliat action dan sekaligus sambil mbaca terjemannya..hehe.. Trus ines bilang gini.. ”Ayah.. aku ada PR bahasa inggris yah.. disuruh sebutkan 5 Kata-kata bahasa enggris beserta artinya..”

Karena filmnya lagi asyik, ditambah lagi ribet antara ngliat actionnya dan mbaca text terjemahannya, aku njawab aja sekenanya, ”gampang… tulis aja.. Nanti ayah dikte”
1. Raning.. tulisannya running artinya berlari..
2. Swiming.. tulisannya swimming artinya berenang..
3. Riding.. tulisannya reading…artinya membaca..

Dah gitu bingung aku.. Lha udah habis jee perbendaharaan kata bahasa enggrisku.. Dah gitu film actionnya lagi seru-serunya tembak2 an… Weeeeh…Apa lagi yaa??
“apalagi yaah.. Masih kurang dua nih yah..??”, tanya si ines dengan ributnya.. Lha karena film action tambah seru, dan lagi pula perbendaharaan kata enggrisku dah habis.. Akhirnya aku njawab ngawur aja.. Toh ines ngga ngerti ini, batinku dalam hati:

4. Njengking.. tulisannya njengking.. artinya merunduk
Tanpa nanya dan ngerti artinya, ditulis juga ama si ines…hehehe..
“Apa lagi nii yaah..? Kurang satu niii yaah..”, tambah ribut dia.. Weeeeh apa lagi yaaa..? Wis akhirnya saya putuskan untuk memakai jurus terakhir.. Senjata pamungkas.. “Tuliis..!!”, kataku..

5. Ngising.. tulisannya ngising.. artinya be’ol..
Lha karena Merasa tugasnya sudah beres akhirnya ines meninggalkan kamarku, trus main2 sama anak2 belakang.. Sampai dengan malam hingga tidur, ngga ada komplain dari ines.. Besuk pagi harinyapun dia dengan bangga dan tenangnya berangkat sekolah karena berasa tugase wis beres..

Lha trus akhirnya.. Balik sekolah ines marah-marah..sambil nangis,”ayaaaah..!! Ayah ngawuuur.. Itu tadi bahasa jawaaaa yaaah.. Bukan bahasa enggris… Aku diketawai ama guru dan temen2 yaaah… ”
Dan semenjak itu, sampai sekarang.. Si Ines ngga pernah mau nanya aku lagi kalo mengenai bahasa enggris.. dia selalu tanya ama ibunya, dan Kalopun aku nyeletuk njawab.. Dia pasti konfirmasi ke itya,” emang bener buuu..??”

Hehehehe.. “That’s me.. Lha I am only play-play jee, she think already true..”

Sent from my BlackBerry® powered by TwitterFeeds.blogspot for HumorBBM Blogspot. If you want send funny article & Humor pictures just send email to: kumpulan.humor@gmail.com and notify your URL
thumbnail Title: AFS - American Fertukaran Selajar :: Cerita Lucu Blogger
Posted by: Admin
Published :2012-03-31T18:03:00+07:00 Rating: 4.9 Reviewer: 8154 Reviews
Terimakasih telah membaca artikel AFS - American Fertukaran Selajar :: Cerita Lucu Blogger Bookmark URL http://humorbbm.blogspot.com/2011/07/afs-american-fertukaran-selajar.html. Kalo mau posting ulang, COPAS aja ga usah bilang2 y wakakakak.

0 komentar:

Post a Comment


 
About - Sitemap - Contact - Privacy - Disclaimer